Saturday, November 02, 2019

Latihan Tidur


Lucu ya, tidur saja kok pakai latihan.๐Ÿ˜… Sewaktu kecil, kita disuruh tidur siang susah banget. Ya nggak sih? Sekarang sudah besar malah kangen tidur siang, belum lagi malamnya suka susah tidur. Iya, susah tidur, di kala sudah siap tidur, sudah pejamkan mata, eh mendadak ada saja pikiran yang datang menghampiri. Dan akhirnya, malah berselancar di pikiran sendiri dulu. Belum lagi kalau yang insomnia.

Jadi, pada tulisan kali ini, aku mau berbagi tips yang sering aku praktikkan supaya mudah terlelap di malam hari. Tips ini sudah aku praktikkan sekitar setahun belakangan ini. Hasilnya? Aku bisa tidur dengan mudah di bawah jam 12 malam. Bisa tidur di bawah jam 12 malam sudah jadi rekor terbaikku. Haha. Kalau dulu, boro-boro. Aku selalu tidur antara jam 12 malam sampai jam 3 pagi.๐Ÿ˜Œ Tenang.. Konsepnya sederhana kok, mirip meditasi berkesadaran.

Tapi, sebelum masuk ke tips latihan tidurnya. Ada beberapa hal yang baik dilakukan sebelum tidur untuk mendukung latihan tidur ini.

1. Yoga. Gerakan yoganya tidak usah yang terlalu berat. Ada beberapa gerakan yoga sederhana yang bisa dipraktikkan supaya tidurmu lebih nyenyak, seperti gerakan yoga di bawah ini. Hanya butuh 3 menit saja kok.

credit: darebee.com

2. Baca buku.
 Aku sarankan bacanya buku cetak ya, jangan e-book. Karena kalau e-book, mata kita menatap pada layar handphone, tablet, atau alat lainnya. Mata bekerja lebih keras ketika ada cahaya.

Nah, selanjutnya kita masuk ke tips latihan tidurnya ya.
1. Jauhkan handphone dari jangkauan tangan. Poin ini penting sekali. Soalnya kalau ada handphone, pasti bawaannya pengen mainin terus. Jadi, pastikan kamu letakkan handphone-mu jauh sejauh-jauhnya dari jangkaun tanganmu. Kalau sudah rebahan di tempat tidur pasti mager kan untuk bangun ambil handphone lagi? Hehe.
2. Pastikan kalau kamu sudah siap tidur ya. Pasti dong. Kalau belum mau tidur, gimana mau latihan tidurnya.
3. Matikan lampu total atau pakai lampu tidur. Senyamannya kamu saja. Asal jangan pakai lampu disco ya.๐Ÿ˜‚
4. Posisikan tubuh kamu pada posisi tidur ternyamanmu. Coba cek posisi bantal, guling, selimut, atau mungkin boneka teman tidur. Jangan sampai salah bantal ya. Boleh tidur telentang, miring, tengkurap, duduk, atau posisi apapun. Bebas deh. Intinya, balik lagi ke senyamannya kamu.
5. Pejamkan mata. Jangan tidur dengan mata terbuka ya, seram nanti.๐Ÿ˜ž
6. Rilekskan semua otot-otot pada tubuh dan wajahmu. Benar-benar rilekskan ya sampai kamu merasa seakan-akan  sedang melayang.
7. Tenangkan dan kosongkan pikiran. Eh tapi, kalau sampai kosong banget pikirannya, nggak mungkin jugalah ya. Jadi, caranya gimana? Fokuskan pikiran pada napasmu. Benar-benar fokus ya, jadi nggak mikirin hal-hal lainnya. Sadar saat napas masuk dan napas keluar.

Napas masuk, pikiran tenang.
Napas keluar, hati bahagia.

Itu mantra pribadiku. Kamu boleh ganti sendiri mantramu. Ketika kamu menarik napas, kamu menenangkan pikiran. Ketika kamu menghembuskan napas, kamu menenangkan hatimu.

Kalau kamu ketiduran setelah melakukan tips ini, itu artinya tips ini berhasil.๐Ÿ˜‰ Yay!!

Pada awal percobaan, pasti agak sulit menarik kembali pikiran yang lari ke mana-mana untuk tetap fokus pada napas. Aku pun terkadang masih begitu. Sudah fokus, eh tiba-tiba pikirannya bercabang lagi. Ya sudah ditangkap-tangkap lagi cabang pikirannya biar tetap fokus. Hehe. Nggak apa-apa. Segala sesuatu yang baru dimulai pasti butuh adaptasi. Tapi setelah menjadi kebiasaan, kamu akan lebih mudah melakukannya.

Sederhana kan tipsnya? Yuk, coba dipraktikkan. Kalau berhasil, jangan lupa berbagi tips ini dengan teman-temanmu. Dan jangan lupa ceritakan pengalaman kamu setelah melakukan tips ini  di kolom komentar ya, atau boleh mention aku di sosial mediaku. Kalau tips ini berhasil juga pada kamu, aku akan sangat senang mendengarnya. ๐Ÿ˜Š

Sekian tulisan kali ini. Sampai jumpa di mimpi masing-masing. Eh, di tulisan berikutnya maksudku.

See ya~




Febriani Kho

No comments

Post a Comment

Please feel free to leave your comment below.
I really appreciate and will reply it soon. Thank you~ (。^‿^。)

© Febriani Kho's Blog
Maira Gall